Breaking News :
Home » , » FOKUS : Lima Sasaran Transfer Barcelona

FOKUS : Lima Sasaran Transfer Barcelona

Written By Ryanz Llg TheB. AxeID on Thursday 13 June 2013 | 01:33

FFOKUS: Lima Sasaran Transfer Barcelona

FOKUS: Lima Sasaran Transfer Barcelona



Sukses merekrut Neymar, Barca kini fokus menambal barisan belakang

"Dominasi Barcelona di Eropa berakhir". Hampir semua media olahraga dunia mengatakan era Blaugrana mulai runtuh saat sang raksasa Catalan dicukur raksasa Bundesliga Jerman Bayern Munich tujuh gol tanpa balas di dua laga semi-final Liga Champions. Skuat Tito Vilanova, yang ketika itu bertekad mencetak hat-trick juara di Wembley tak bisa apa-apa di hadapan The Bavarians, yang kemudian mengukuhkan dominasinya sebagai penguasa Benua Biru dengan membungkam tim seneraga, Borussia Dortmund 2-1.
Selain wacana soal Plan B yang ngotot ditolak Blaugrana, fans juga tampaknya "gereget" dengan keputusan Vilanova yang memaksa Lionel Messi tampil 90 menit penuh padahal saat itu dia masih dibebat cedera hamstring, sementara Cesc Fabregas dan David Villa yang jelas-jelas dalam kondisi fit duduk manis di kursi cadangan. Anggapan Messi-Dependencia pun tak terbantahkan, meski ketika itu Si Kutu tak kuasa mengeluarkan magisnya untuk membantu tim.
Sebagai solusi menguragi ketergantungan terhadap Messi, Barca kemudian mendatangkan talenta muda Brasil Neymar, setelah mengeluarkan kas klub sebear €57 juta kepada Santos. Neymar tidak saja akan membantu Blaugrana mengurangi beban terhadap Messi, namun diharapkan juga mampu menambah daya gedor saat sang mega bintang dikepung pemain lawan.
Tapi, problem utama yang harus dengan segera diatasi Barca adalah barisan belakang. Mulai dari lini pertahanan hingga kiper seharusnya menjadi atensi utama setelah mengamankan Neymar. Satu yang pasti Vilanova butuh seorang kiper untuk menjadi suksesor Victor Valdes meski portire Spanyol masih bersedia melanjutkan kerja sama sampai kontraknya berakhir tahun depan. Nama-nama seperti Thibaut Courtois, David De Gea, Pepe Reina dan pemain muda Marc-Andre ter Stegen masuk daftar incaran.
Sementara pos belakang, terutama bek tengah, juga wajib masuk daftar belanja. Barca butuh pengganti Carles Puyol untuk menjadi tandem Gerard Pique sebagai palang pintu. Selain faktor usia, sang kapten juga kerap diganggu cedera dan musim lalu hanya mampu tampil di 22 pertandingan di semua kompetisi resmi. Konsekuensinya, pertahanan Barca sering keteteran apalagi menghadapi tim sekelas Bayern yang terkenal memiliki kecepatan.
Sebenarnya ada Marc Bartra yang sudah mulai diperkenalkan ke tim utama sejak 2010 silam. Sayang, Barca tampaknya masih ragu mengorbitkan pemain binaan La Masia ini, terbukti Vilanova hanya menurunkannya delapan kali di La Liga, itu pun hanya tiga kali sebagai starter dan sisanya sebagai pengganti.
Nah, kira-kira siapa yang menjadi sasaran transfer Barca musim panas ini? Goal mencoba merangkum lima pemain yang akan getol didekati Barca demi memulai lagi dominasi mereka di Eropa.


Pepe Reina (Liverpool)


Statistik musim 2012/13
31Laga2790Menit
34Kebobolan14Clean-Sheet
1Kartu kuning0Kartu merah
Sejak dibeli dari Villarreal pada 2005 silam, penampilan Pepe Reina di bawah mistar gawang Liverpool cukup konsisten. Latar belakangnya yang merupakan pemain jebolan La Masia diyakini akan memudahkan kiper asal Spanyol ini tekoneksi dengan tim masa kecilnya. Reina juga dikenal dekat dengan bek Gerard Pique dan Carles Puyol, sehingga akan memudahkannya beradaptasi di Camp Nou.
Kiper 30 tahun langsung menjadi andalan The Reds sejak mendepak pahlawan Liga Champions 2005 Jerzy Dudek. Penampilannya musim lalu tak terlalu mengecewakan, dia mencatat 14 kali clean-sheet dari 31 pertandingan di Liga Primer Inggris. Perekrutan Reina juga akan lebih mudah karena yang bersangkutan menyatakan kesediannya hijrah ke Camp Nou jika tim mengajukan tawaran resmi. Namun, karena Valdes memilih bertahan untuk menghabiskan sisa kontrak, besar kemungkinan pembelian Reina ini akan ditunda hingga musim berikutnya.

Banderol: €10 juta.

Kans: 40%.


Marc-Andre ter Stegen (Monchengladbach)


Statistik musim 2012/13
34Laga3046Menit
47Kebobolan9Clean-Sheet
2Kartu kuning0Kartu merah
Satu lagi nama penjaga gawang yang sering dihubungkan dengan Barcelona, Marc-Andre ter Stegen. Kiper kelahiran 30 April 1992 ini disebut-sebut pemain masa depan Jerman dan menjadi pesaing Manuel Neuer dalam perebutan tempat utama Der Panzer.
Sejak menembus tim inti Borussia Monchengladbach dia total melakoni 90 laga di semua kompetisi. Musim lalu, Ter Stegen tampil sebagai starter di semua laga Bundesliga, kebobolan 47 kali dan sembilan mencatat clean-sheet. Bukan sebuah catatan mengesankan memang, tapi jika melihat usia dan potensi yang dimiliki, dia layak masuk bidikan Blaugrana, terutama untuk jangka panjang.
Barca mungkin akan membiarkannya lebih berkembang dengan mendapat tempat utama di Gladbach musim depan, sebelum kembali mendekatinya secara serius pada kampanye 2014/15. Ter Stegen sendiri dikatakan tak akan menolak tawaran Azulgrana jika mereka berniat memboyongnya.

Banderol: €10 juta.

Kans: 60%.

Thiago Silva (PSG)


Statistik musim 2012/13
22Laga1899Menit
0Gol0Assist
2Kartu kuning1Kartu merah
Tak perlu lagi meragukan kapasitas Thiago Silva. Bek tengah asal Brasil ini membuat barisan depan Barcelona mati kutu saat berjumpa Paris Saint-Germain di perempat-final Liga Champions. Silva memiliki keunggulan menghalau umpan-umpan silang lawan serta tangguh dalam duel udara, sesuatu yang menjadi kelemahan Barca musim lalu.
Soal pengalaman, pemain internasional Brasil ini punya jam terbang tinggi. Silva sudah menjadi andalan sejak membela AC Milan baik di kompetisi domestik maupun Liga Champions, sebelum akhirnya diboyong ke ibu kota Prancis. Dengan sejumlah nilai kelebihannya itulah, Silva dianggap paling pas menjadi suksesor Carles Puyol di jantung pertahanan.
Namun, kendala Blaugrana dalam mendatangkan Silva terletak pada harga. PSG mematok harga tinggi buat pemain yang mempersembahkan trofi Ligue 1 di musim debutnya. Banyaknya fulus yang sudah tersedot untuk mendatangkan Neymar membuat Blaugrana berpikir ulang mendatangkan Silva. Belum lagi pernyataan direktur Leonardo yang menegaskan tidak satu pun bintang PSG akan meninggalkan Parc des Princes.

Banderol: €40 juta.

Kans: 30%.

David Luiz (Chelsea)


Statistik musim 2012/13
30Laga2632Menit
2Gol2Assist
8Kartu kuning0Kartu merah
Jika peluang mendatangkan Thiago Silva terbilang kecil, mungkin Barcelona bisa mengalihkan opsi kepada bek Chelsea, David Luiz. Selain harga yang lebih murah, posisi Luiz juga lebih variatif. Selain menjadi palang pintu, Luiz bisa ditempatkan sebagai gelandang bertahan sehingga dapat menjadi awal serangan balik.
Walau penampilannya sempat mendapat kritik di musim-musim sebelumnya karena dianggap tidak konsisten, toh pemain 26 tahun menunjukkan kematangannya di lapangan. Luiz memiliki andil besar membawa Chelsea juara Liga Europa musim lalu dengan mencetak dua gol dan satu assist dari tujuh penampilan.
Kans Blaugrana memboyong Luiz menjadi lebih mudah, terlebih dengan isu pelatih anyar Jose Mourinho yang tidak begitu menyukai tipe permainan Luiz dan The Happy One juga secara terbuka menegaskan niatnya mengembalikan sang kapten ke tim utama.

Banderol: €25 juta.

Kans: 60%.

Wayne Rooney (Manchester United)


Statistik musim 2012/13
27Laga2014Menit
12Gol10Assist
7Kartu kuning0Kartu merah
Jangan salah dengan menganggap Barcelona tak butuh tambahan striker. Bencana tujuh gol yang disarangkan Bayern Munich di semi-final Liga Champions merupakan sinyal mereka butuh seorang target man. Wazza bisa menjadi pengganti sepadan untuk David Villa yang isunya bakal dilepas klub Liga Primer Inggris, Arsenal atau Tottenham Hotspur. Kekuatan dan kelincahan dalam mencari posisi menjadi andalan Rooney dalam mengisi barisan depan.
Situasinya kian mudah untuk klub Catalan menyusul konfirmasi Sir Alex Ferguson bahwa pemain yang diboyongnya dari Everton ingin meninggalkan Old Trafford, karena harus berada di bawah bayang-bayang Robin van Persie yang tampil cemerlang sejak diboyong dari Arsenal musim lalu.
Sudah menjadi rahasia umum juga Rooney merupakan penggemar Lionel Messi dan Barcelona-nya. Pemain 27 tahun ini kedapatan membelikan jersey Blaugrana untuk putra pertamanya, Kai, setelah sebelumnya membelikan jersey Everton.
Nah, jika serius mendekati Rooney, Barcelona harus bersaing dengan Arsenal, PSG dan Chelsea yang juga dikabarkan meminati penyerang bertubuh gempal.

Banderol: €65 juta.

Kans: 20%.




Share this post :
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Ryanz
Protected by Copyscape Web Copyright Checker
DMCA.com
Comments
0 Comments

Post a Comment

Saya minta maaf karena komentar anda tidak pernah saya balas, karna saya tidak selalu online.
dikarnakan ada urusan didunia nyata.
saya ucapkan terima kasih atas kunjungan dan komentar anda.

 
Support : Website.com | ryanz'blog | info blog
Copyright © 2011. portal mobile.com - All Rights Reserved
Template Created by Marta Pebriansyah Published by android phone
Terima kasih atas kunjungan anda!!!.